Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LP KPK Akan Surati Dinkes Lebak Terkait Dugaan Pemotongan BOK Bidan Desa di Puskesmas Parungsari

Banten, Perssigap88.co.id - Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP KPK) akan surati Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, terkait isu dugaan pemotongan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) terhadap bidan desa di lingkungan Puskesmas Parungsari Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.


Ketua Komisi Cabang LP KPK Kabupaten Lebak, Iyan Nulhadi, mengatakan akan melayangkan surat kepada Dinkes Lebak untuk mengklarifikasi dugaan pemotongan BOK dengan alasan menutupi hutang akreditasi Puskesmas Parung Sari yang telah berlalu. Surat tersebut akan dilayangkan hari Senin (10/06/2024) melalui jasa pelayanan Kantor Pos.

"Kita akan layangkan surat meminta klarifikasi dari Dinkes Lebak terkait adanya pemotongan BOK dengan dalih iuran partisipasi menutup hutang akreditasi. Apa dasar hukumnya, karena ini ada indikasi pungutan liar (pungli)," kata Iyan, Kamis (06/06/2024).

Iyan mengaku hasil investigasinya, bidan desa Puskesmas Parungsari tidak berdaya dengan adanya pemotongan BOK.

"Meskipun Kepala Puskesmas menjawab bahwa pemotongan merupakan iuran partisipasi hutang akreditasi melalui hasil musyawarah, tapi narasumber kami mengatakan sebenarnya keberatan dengan ketentuan tersebut," ungkapya.

LP KPK pun meminta agar pihak Aparat Penegak Hukum, Inspektorat dan pihak terkait turut menyikapi hal pemotongan atau iuran partisipasi, karena ada indikasi pelanggaran bahkan perbuatan melawan hukum. 

Untuk diketahui BOK adalah bantuan operasional kesehatan yang merupakan subsidi pemerintah dalam bidang kesehatan. Bantuan ini ditujukan untuk membiayai pelayanan kesehatan yang selama ini masih dirasa kurang memadai. 



(Akang/red)




Wastap Redaksi : 085231450077


 

Posting Komentar untuk "LP KPK Akan Surati Dinkes Lebak Terkait Dugaan Pemotongan BOK Bidan Desa di Puskesmas Parungsari"

"Saya Tegaskan Untuk Rakyat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Harap Melapor..! "
Carok Di Sampang Satu Orang Luka Parah Satu Orang Mati
Saudara Sepupu Di Banyuates Melakukan Sumpah Pocong Gara-Gara Tuduhan Santet